Kompas TV video vod

Mahkamah Agung Jadi Perwakilan Indonesia pada Konferensi Hakim ASEAN di Thailand! - MA NEWS

Kompas.tv - 23 Oktober 2023, 01:12 WIB
Penulis : Edwin Zhan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mahakamah Agung RI menjadi perwakilaan Indonesia di Konferensi Hakim ASEAN (Judicial Integrity Network ASEAN) di Bangkok, Thailand, pada 5-6 Oktober 2023.

Konferensi ini dihadiri Hakim Agung Kamar Perdata, Nani Indrawati, dan 10 hakim dari beberapa pengadilan di Indonesia dengan pembiayaan pribadi.

Dalam konferensi ini, Hakim Agung Kamar Perdata, Nani Indrawati, memaparkan "The Bangalore Principles of Judicial Conduct" yang telah diterapkan di Indonesia; dengan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung, tentang kode etik dan pedoman perilaku hakim yang memuat 10 nilai-nilai dasar.

Di konferensi ini juga membahas soal keseteraan gender, penggunakan teknologi tepat guna terhadap pengadilan, peningkatan kesehatan sistem peradilan terbuka, upaya mencapai keseimbangan antara independensi dan akuntabilitas sistem peradilan, serta dampak dari perubahan iklim.  

Selain itu, di konferensi ini juga membahas upaya peningkatan kesejahteraan hakim dengan mengoptimalkan kinerja, sekaligus manajemen stres yang baik.

#konferensihakim #asean #mahkamahagung



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x