Kompas TV video vod

Golkar Usung Gibran Cawapres Prabowo, Koalisi Indonesia Maju Sepakat?

Kompas.tv - 21 Oktober 2023, 20:41 WIB
Penulis : Shinta Milenia

JAKARTA, KOMPAS.TV - Rapimnas Partai Golkar memutuskan mengusung Prabowo Subianto dan putra Presiden Jokowi Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal capres dan cawapres di Pilpres 2024.

Gibran Rakabuming Raka yang hadir di Rapimnas Partai Golkar mengapresiasiasi dukungan Partai Golkar. Gibran menyatakan akan menindaklanjuti hasil Rapimnas Golkar dan segera berkoordinasi dengan Prabowo.

Sementara bakal capres Prabowo Subianto menyatakan menerima usulan Partai Golkar yang mengusung Gibran sebagai bakal cawapres. Prabowo juga memuji keputusan Golkar dan Airlangga Hartarto yang berjiwa besar dan lebih mementingkan kepentingan bangsa.

Sementara Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan menyatakan dalam penentuan bakal cawapres Koalisi Indonesia Maju mengutamakan azaz musyawarah untuk mufakat dan taat pada pimpinan. Jika capres telah memutuskan nama, maka anggota koalisi akan mengikutinya.

Jika nantinya Gibran Rakabuming Raka jadi dideklarasikan sebagai bakal cawapres Prabowo, maka Pilpres 2024 akan diikuti 3 pasangan bakal capres dan cawapres.

Survei Indikator Politik memperlihatkan jika Prabowo berpasangan dengan Gibran bisa meraih elektabilitas 37,5%, sementara elektabilitas Anies-Muhaimin di angka 22,7% dan pasangan Ganjar-Mahfud 32,2%.

Sedangkan di Survei LSI, elektabilitas pasangan Prabowo-Gibran berada di angka 36%, pasangan Ganjar-Mahfud di angka 33,1 %, sedangkan  Anies-Muhaimin 23,5%.

Setelah Golkar secara resmi mengusung Prabowo-Ganjar sebagai bakal capres dan cawapres, kini tinggal menunggu akankah Koalisi Indonesia Maju segera mendeklarasikan pasangan Prabowo dan Gibran sebagai bakal capres dan cawapres.

Baca Juga: Usai Rapimnas Golkar, Prabowo Langsung Temui Presiden Jokowi di Istana Negara

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x