Kompas TV video vod

Detik-Detik Baku Tembak Satgas Damai Cartenz dengan KKB di Yahukimo

Kompas.tv - 18 Oktober 2023, 16:42 WIB
Penulis : Aisha Amalia Putri

YAHUKIMO, KOMPAS.TV - Satgas Damai Cartenz baku tembak dengan Kelompok Kriminal Bersenjata Papua saat mengevakuasi pendulang emas yang menjadi serangan KKB di Yahukimo, Papua Pegunungan.

Kontak tembak dengan KKB Papua berlangsung lebih dari satu jam, saat tim Satgas Damai Cartenz tiba di sekitar tempat kejadian perkara penyerangan pendulang emas di Kali Satu Distrik Seradala, Yahukimo, Selasa (17/10) siang.

Personel satgas berhasil mengevakuasi 7 korban meninggal dunia dan menyelamatkan 11 orang korban selamat, meski diganggu oleh tembakan dari KKB.

Sebelumnya, peristiwa penyerangan KKB para pekerja pendulang emas tradisional oleh KKB terjadi di Kampung Mosom Duba, Distrik Seradala, Yahukimo, Papua Pegunungan, Senin (16/10) lalu.

Selain menyerang para pendulang emas, KKB juga membakar tiga unit truk dan kamp pendulangan.

Polisi menyebut, belasan pendulang emas diserang oleh 30 anggota kelompok kriminal bersenjata yang diduga pimpinan Egianus Kogoya menggunakan senjata tajam dan senjata api.

Ketujuh korban tewas serangan kelompok kriminal bersenjata di Yahukimo, Papua Pegunungan berhasil diidentifikasi di RSUD Dekai.

Ketujuh jenazah langsung diambil keluarga untuk dimakamkan di Dekai, Yahukimo.

Kasatgas Humas Damai Cartenz, AKBP Bayu Suseno menyebut dari hasil identifikasi di RSUD Dekai ditemukan banyak luka senjata tajam dan lubang yang diduga bekas peluru di tubuh para korban.

Baca Juga: Pendulang Emas Diserang 30 Orang KKB Papua, 7 Orang Tewas

#kkb #satgasdamaicartenz



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x