Kompas TV video vod

Festival Budaya Irau ke-10 Catat Rekor Muri Penggunaan Saung Terbanyak di Dunia!

Kompas.tv - 8 Oktober 2023, 12:50 WIB
Penulis : Dea Davina

IRAU, KOMPAS.TV - Dibuka oleh Gubernur Kalimantan Utara, Zainal Arifin Paliwang, Festival Budaya Irau ke-10 dan perayaan HUT ke-24 Kabuten Malinau, tahun 2023 mencatatkan rekor penggunaan saung atau kedabang terbanyak di dunia.

Berdasarkan catatan perwakilan Museum Rekor Indonesia, terdapat 20.800 saung berbagai ukuran yang digunakan dalam karnaval pembukaan Irau Kabupaten Malinau.

Saung atau kedabang sendiri merupakan topi anyaman dari daun nipah atau pandan yang merupakan kerajinan tangan khas masyarakat Dayak di Malinau.

Baca Juga: Asian Games 2022: Cetak Rekor Dunia Baru, Rahmat Erwin Abdullah Raih Medali Emas Angkat Besi 73 Kg

Umumnya topi anyaman ini dihunakan masyarakat dalam aktivitas sebagai penghalang panas.

Irau sendiri merupakan even festival budaya dua tahunan yang rutin diselenggarakan Kabupaten Malinau, sebagai bentuk rasa syukur atas pembangunan yang terlaksana di Kabupaten Malinau.

Event yang terselenggara selama 07 Oktober hingga 26 Oktober ini nantinya akan menampilkan tradisi maupun budaya dari 11 etnis asli Malinau dan 14 paguyuban yang ada di Malinau.

Semangat kebudayaan ini juga diharapkan dapat melestarikan budya sehingga kehidupan masyarakat yang harmonis dapat terwujud.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x