Kompas TV video sinau

Mengenal Teknik Water Bombing yang Tak Murah untuk Padamkan Kebakaran Hutan| SINAU

Kompas.tv - 6 Oktober 2023, 17:32 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV -  Mengenal teknik  water bombing, cara kerja teknik ini yaitu menjatuhkan air pada titik panas di area yang terbakar.

Kantung air dengan kapasitas 4000-5000 liter diangkut oleh helikopter. Helikopter mengambil air dari sumber terdekat, dan dalam sehari bisa melakukan 2 kali sorti.

Setiap sorti memakan waktu 2-3 jam dengan water bombing sebanyak 20 kali.

Rupanya water bombing menjadi upaya pemadaman karhutla yang berbiaya tinggi. Misalnya saja saat kebakaran hutan dan lahan yang melanda kawasan Gunung Bromo kemarin

Melansir dari Kompas.com, Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari menegaskan, "Saya cuma akan berbicara Rp 1,5 miliar. Biaya operasional water bombing itu satu sorti, satu jam sudah lebih Rp200 juta dan belum tuntas saat ini mungkin masih kurang, karena seperti yang kita lihat di Gunung Arjuno itu operasi water bombing kita sudah lebih dari empat hari".

Informasi mengenai biaya tinggi teknik water bombing juga dibenarkan oleh Letjen TNI Suharyanto Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Pihakya menegaskan butuh biaya  USD11.500 atau Rp150 juta per satu jam.

Baca Juga: Indonesia Darurat Kebakaran Lahan dan Hutan

Editor Video: Dawud Majid 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x