Kompas TV video vod

Mendag Zulhas Temui Pedagang UMKM di Pasar Asemka, Jakarta Barat

Kompas.tv - 30 September 2023, 10:23 WIB
Penulis : Shinta Milenia

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan meninjau Pusat Grosir Asemka, Jakarta Barat.

Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan mendengarkan keluhan pedagang Pasar Asemka soal turunnya omzet penjualan akibat social commerce.

Pusat grosir yang seharusnya memiliki harga paling murah, namun kalah bersaing dengan pasar digital menjadi perhatian Kementerian Perdagangan.

Zulhas mengatakan pemerintah hadir dan berada di pihak UMKM dengan akan menyiapkan regulasi dan pelatihan bagi UMKM pelaku pasar digital.

Kehadiran pemerintah juga dibuktikan dengan dikeluarkannya Permendag 31 Tahun 2023 untuk mendorong ekosistem perdagangan digital yang adil dan sehat, kemudian untuk penyelenggara perdagangan melalui sistem elektronik wajib mengikuti aturan yang berlaku.

Sementara itu, Nurya yakni pedagang di Pasar Asemka mengeluhkan turunnya jumlah pembeli dan omzet tokonya semenjak adanya social commerce atau penggunaan sosial media untuk transaksi dagang.

Nurya mengaku omzetnya turun hingga lebih dari 50% dan selisih harga dengan pasar digital atau social commerce bisa mencapai Rp7.000 hingga Rp 10.000 per produknya.

Belakangan ramainya penjualan melalui media sosial dikeluhkan para pedagang di sejumlah tempat. Harga yang lebih murah dinilai menjadi penyebab banyaknya konsumen yang beralih belanja secara daring.

Baca Juga: Ada Larangan Jualan di Medsos, Pedagang: Lebih Banyak yang Dirugikan


 



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.