Kompas TV video vod

Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia: Kaesang Jadi Ketum untuk Dongkrak Elektoral Partai

Kompas.tv - 26 September 2023, 19:40 WIB
Penulis : Shinta Milenia

JAKARTA, KOMPAS.TV – Baru 2 hari bergabung dengan PSI, Kaesang Pangarep putra bungsu Presiden Joko Widodo langsung resmi jadi Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Saat berpidato di Kopdarnas PSI, Kaesang mengakui ia menjadi Ketua Umum PSI karena ia putra Presiden Jokowi.

Dosen Sekolah Tinggi Hukum Indonesia Jentera, Bivitri Susanti menilai PSI sudah gagal dalam hal kaderisasi.

Bivitri Susanti menyayangkan pengangkatan Kaesang menjadi Ketua Umum PSI.

PSI selalu mengklaim sebagai partai modern namun menurutnya perilaku partai PSI tak menggambarkan hal tersebut, malah mengikuti partai jadul di mana hanya mengkultuskan individu.

Menurut Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda, pemilihan Kaesang Pangarep sebagai Ketua Umum PSI adalah dalam rangka untuk mendongkrak elektoral partai.

Sementara itu Pengamat Politik Charta Politika, Yunarto Wijaya menyebut penunjukkan Kaesang sebagai Ketua Umum tak sesuai dengan citra PSI yang revolusioner dan sebagai politik balas budi kepada keluarga Jokowi.

PSI disebut mengulang kebiasaan partai politik lama, yakni melibatkan sosok tertentu yang punya kekuasaan dalam menentukan kebijakan.

Penunjukkan putra bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep yang serba kilat sebagai Ketua Umum membuat kaderisasi di tubuh PSI dipertanyakan.

Karena sejatinya partai politik punya fungsi merekrut dan mekanisme kader yang baik untuk melahirkan pemimpin yang berkualitas.

Baca Juga: Kaesang Jadi Ketua Umum PSI, Puan Maharani: Selamat, Semoga Amanah

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x