Kompas TV video vod

Edukasi dan Eksplorasi Flora Sumatera di Kebun Raya ITERA

Kompas.tv - 14 September 2023, 13:47 WIB
Penulis : Shinta Milenia

LAMPUNG, KOMPAS.TV - Institut Teknologi Sumatera atau ITERA memiliki kebun raya yang mengoleksi berbagai tumbuhan konservasi sebagai sarana pendidikan dan pembelajaran budidaya tanaman.

Kebun Raya Institut Teknologi Sumatera (ITERA) resmi didirikan pada 8 Juni 2022 sebagai Pusat Konservasi Flora Sumatera.

Memiliki lahan seluas 72,52 hektar kawasan ini berfokus utama dalam bidang pendidikan, penelitian, wisata serta jasa lingkungan.

Ada berbagai fasilitas yang disiapkan mulai dari zona wisata yang terdapat taman estetika beberapa paranet pembibitan rumah kaca anggrek, serta tempat budidaya tanaman hias.

Di tempat ini juga terdapat labirin yang dibuat dengan tanaman pembatas dan menjadi salah satu icon, bahkan banyak penjunjung yang datang tertantang untuk menelusurinya.

Alawiyah selaku Kepala UPT Kebun Raya ITERA menjelaskan dalam penanaman tumbuhan di Kebun Raya ITERA selalu dikelompokan sesuai identitasnya atau masih dalam satu kekerabatan, sehingga dapat mempermudah proses pembelajaran baik bagi civitas akademik ITERA maupun masyarakat yang datang berkunjung.

Tanaman yang dikoleksi hingga dibudidayakan ini didapat dari hasil eksplorasi hutan secara mandiri dengan telah mendapatkan izin, serta hasil pertukaran tanaman dengan pihak terkait.

Sejauh ini untuk masuk kawasan Kebun Raya ITERA Lampung pengunjung tidak dipungut biaya apapun, hanya saja harus bisa menjaga kebersihan dan yang terpenting tidak merusak tanaman yang ada.

Baca Juga: 15 Hektar Area Perkebunan Di Gungung Ciremai Terbakar

 



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.