Kompas TV video vod

Ricuh Warga Vs Aparat di Pulau Rempang Batam, Massa Tolak Pematokan Lahan

Kompas.tv - 7 September 2023, 17:03 WIB
Penulis : Shinta Milenia

BATAM, KOMPAS.TV - Menolak kedatangan petugas pematok lahan, masyarakat adat tua melayu Pulau Rempang dan Galang bentrok dengan petugas gabungan tim terpadu di Jembatan 4 Pulau Rempang, Kecamatan Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau.

Terlihat warga  terus berupaya melawan petugas gabungan tim terpadu yang hendak masuk ke wilayah kawasan Pulau Rempang dan Galang.

Bentrokan terus memanas karena petugas terus mendapatkan perlawanan oleh warga setempat.

Warga mengaku belum ada kesepakatan antara warga dan pihak pengembang yang akan membangun Rempang Eco City.

Perhimpunan Bantuan Hukum dan HAM Indonesia menyayangkan tindakan represif dari TNI Polri dalam menertibkan warga Pulau Rempang.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menekankan kendati ada upaya perlawanan dari masyarakat adat Rempang soal pengembangan kawasan, upaya musyawarah tetap dikedepankan.

Kapolri juga menyebut, sosialisasi dan ganti rugi terhadap masyarakat sudah dilakukan oleh BP Batam.

Kabid Humas Polda Kepri, Kombes Zahwani Pandra Arsyad mengatakan bahwa proyek rencana strategis pemerintah ini sudah jauh-jauh hari disosialisasikan kepada masyarakat setempat dan sudah berlangsung dari bulan Juli hingga September.

Upaya terakhir, Otorita Batam juga sudah melakukan musyawarah mufakat dan sudah ada sebagian dari masyarakat yang menyerahkan sukarela kepada BP Batam.

Baca Juga: Kapal Nelayan Asal Trenggalek Dihantam Ombak Besar! 8 dari 23 ABK Masih dalam Pencarian

 




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x