Kompas TV video vod

Strategi Anies, Ganjar, Prabowo Raih Suara Tertinggi di Pulau Jawa saat Pilpres 2024

Kompas.tv - 6 September 2023, 00:51 WIB
Penulis : Kharismaningtyas

KOMPAS.TV - KPU akan membuka pendaftaran capres, cawapres, mulai 19 Oktober 2023.

Bacapres Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan pun mulai ancang-ancang membidik pemilih Pulau Jawa yang jadi lumbung suara menjanjikan.

Partai politik mulai sibuk menyusun strategi pemenangan meraih suara pemilih termasuk di wilayah kerap jadi medan pertarungan suara di Pulau Jawa.

Jumlah penduduk Pulau Jawa yang besar jadi lumbung suara yang menjanjikan.

Ketua DPP Partai Nasdem, Effendy Choirie optimistis dipilihnya Muhaimin Iskandar sebagai Bakal Cawapres Anies Baswedan bisa membidik suara pemilih di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Sementara Partai Gerindra tetap yakin bisa memenangi suara pemilih di Jawa Timur untuk memenangkan Bacapres Prabowo Subianto di Jawa Timur, meski PKB tak lagi jadi bagian parpol koalisi.

Sedangkan PDI Perjuangan, menjaga Jawa Tengah sebagai lumbung suara bagi Bacapres Ganjar Pranowo.

Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri meminta, seluruh kader di Jawa Tengah yang dijuluki Kandang Banteng untuk menjadi pelopor kemenangan Ganjar.

Survei Litbang Kompas yang dibiayai Harian Kompas pada 27 Juli hingga 7 Agustus 2023 menunjukkan, proporsi pemilih tiga bacapres.

Hasilnya, untuk Pulau Jawa, elektabilitas Ganjar Pranowo 39,6 persen, Prabowo Subianto 28,8 persen, dan Anies Baswedan 16,7 persen.

Sementara untuk luar Jawa, elektabilitas Ganjar Pranowo 27,0 persen, Prabowo Subianto 34,7 persen, dan Anies Baswedan 22,3 persen.

Pendaftaran capres, cawapres akan dibuka KPU, mulai 19 Oktober hingga 25 November 2023.

Namun politik masih sangat cair hingga komposisi koalisi masih mungkin bisa berubah.

#ganjar #anies #prabowo



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x