Kompas TV video vod

Kemeriahan Kirab Budaya HUT ke-78 RI, Duplikat Bendera Pusaka Dibawa Kereta Kencana Ki Jagarasa!

Kompas.tv - 17 Agustus 2023, 14:45 WIB
Penulis : Dea Davina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kirab Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi digelar di Monumen Nasional sebagai titik awal.

Prosesi dimulai dengan penyerahan duplikat Bendera Merah Putih dan Naskah Teks Proklamasi oleh Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, kepada petugas pasukan kirab.

Kemudian dari petugas pasukan kirab diserahkan kepada Purna Paskibraka Duta Pancasila 2022.

Selanjutnya, duplikat Bendera Merah Putih dan Teks Proklamasi dibawa menggunakan Kereta Kencana Ki Jagarasa meninggalkan Monas menuju Istana Merdeka.

Baca Juga: Begini Situasi di Monas, Warga Antusias Nantikan Kirab Bendera Pusaka Merah Putih!

Kereta Kencana Ki Jagarasa memiliki makna yang filosofis, Ki Jagarasa menggambarkan sosok pemimpin atau prabu yang hidupnya harus senantiasa menjaga dan memerdekakan rakyatnya dari rasa cemas dan tertindas.

Kereta Kencana Ki Jagarasa dikawal oleh pasukan berkuda, dan pasukan drum band dari gabungan TNI-Polri yang tampil atraktif.

Pasukan drum band terdiri dari Akademi Angkatan Militer, Akademi Angkatan Laut, Akademi Angkatan Udara, dan Akademi Kepolisian.

Terdapat pula barisan pasukan tradisional Paspampres, dengan pakaian Satria Nusantara.

Setelah Kereta Kencana Ki Jagarasa tiba di Istana Merdeka, duplikat Bendera Merah Putih dan Naskah Teks Proklamasi, diserahkan oleh Purna Paskibraka Duta Pancasila 2022 kepada Ajudan Wakil Presiden, untuk diletakkan di Mimbar Kehormatan.

Sementara itu, pada Rabu (16/08) malam, Presiden Joko Widodo bersama ibu negara hadir di Taman Makam Pahlawan Indonesia, Kalibata, Jakarta Selatan untuk memperingati renungan malam.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x