Kompas TV video berkas kompas

[FULL] Buruh Sawit Nelangsa, Serta Banyak dari Mereka yang Menderita | BERKAS KOMPAS

Kompas.tv - 3 Agustus 2023, 22:00 WIB
Penulis : Leiza Sixmansyah

KOMPAS.TV - Berdasar riset Litbang Kompas, para buruh mendapat perlakuan kejam dari perusahaan sawit. Misalnya, diberi upah murah atau upah yang dibayar tak sesuai UMP. Belum lagi soal perusahaan yang mengakali hari kerja, supaya buruh tak menjadi karyawan tetap. Mereka cuma diberi hari kerja, 3 hingga 7 hari saja dalam sebulan.

Berdasar data Kamar Dagang dan Industri Indonesia, ada 21 juta tenaga kerja di industri sawit. Kebanyakan dari mereka, tidak mendapat BPJS. Perusahaan sawit banyak yang tidak menerapkan prinsip keselamatan kerja. Sehingga buruh rentan mengalami kecelakaan kerja. Misalnya, buta, kepala tertimpa sawit hingga patah tulang, tanpa ada uluran tangan dari perusahaan.

Berkas Kompas memotret cerita lara dari para buruh sawit di Kalimantan Barat dan Sumatera Selatan. Mereka dikelabui perusahaan sawit dengan iming-iming bakal diberi pekerjaan layak. Upah mereka rendah, sehingga mereka hidup dalam kemiskinan. 

Sampai saat ini, belum ada regulasi yang secara spesifik mengatur tentang buruh sawit. Para buruh berharap, negara mendengar suara mereka.

Episode ini berkolaborasi dengan Harian Kompas, Kontan dan Kompas.com dalam tajuk Suara Tak Terdengar.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x