Kompas TV video vod

Dorong Kemandirian Ekonomi Ponpes, Pemprov Jabar Kencangkan Program "One Pesantren One Product"

Kompas.tv - 28 Juli 2023, 17:23 WIB
Penulis : Shinta Milenia

BANDUNG, KOMPAS.TV - One Pesantren One Product atau disingkat OPOP adalah salah satu dari 17 program unggulan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat yang disebut Program Pesantren Juara.

Sebagian besar pesantren di Jawa Barat belum mampu mandiri secara ekonomi untuk membiayai kebutuhan operasional maupun pengembangan sarana dan prasarana pesantren.

Oleh karena itu Program OPOP bertujuan untuk menciptakan mengembangkan dan memasarkan produk yang dihasilkan oleh setiap pesantren yang dapat mewujudkan kemandirian pesantren.

Dimulai tahun 2019 lalu, Program One Pesantren One Product kini sudah diikuti oleh 5018 pesantren.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berharap dengan adanya program ini pesantren di Jawa Barat mampu menghasilkan ekonomi secara mandiri dengan produk unggulannya.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat, Kusmana Hartadji mengatakan selama 5 tahun Program One Pesantren One Product berjalan lancar,  hingga saat ini setiap pesantren sudah memiliki produk masing-masing, bahkan sudah ada yang diekspor ke luar negeri.

Diharapkan dengan program ini, masyarakat Jawa Barat bisa merasakan kemajuan dan kemandirian ekonomi Jawa Barat yang berasal dari pesantren.

Baca Juga: Heboh! Warga Riau Temukan Jasad Bayi Terbungkus Plastik di Sungai

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x