Kompas TV video sinau

Siapa yang Pertama Kali Membentuk Paskibraka?|SINAU

Kompas.tv - 20 Juli 2023, 10:21 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV-  Siapa yang pertama kali membentuk paskibraka?

Mari ketahui terlebih dahulu apa bedanya Paskibra dan Paskibraka. Paskibra adalah Pasukan Pengibar Bendera. Sedangkan Paskibraka merupakan singkatan dari Pasukan Pengibar Bendera Pusaka.

Apa perbedaan dari Paskibra dengan Paskibraka?

Pada dasarnya keduanya dibedakan dari tingkat wilayah tugas . Paskibraka mengibarkan dan menurunkan Bendera Pusaka Merah Putih. Pada Upacara Peringatan Kemerdekaan Indonesia,di tingkat kabupaten, provinsi, dan nasional.

Sedangkan Paskibra bertugas mengibarkan dan menurunkan bendera di tingkat lebih kecil. Misalnya di sekolah, instansi, dan kecamatan.

Sejarah Dibentuknya Paskibraka

Paskibraka dibentuk pada tahun 1946, waktu Ibu Kota Indonesia pindah ke Yogyakarta. Paskibraka dibentuk untuk memperingati HUT Proklamasi Kemerdekaan RI yang Pertama.

Saat itu Presiden Soekarno menugaskan Mayor Husen Mutahar. Menyiapkan pengibaran Bendera Pusaka di halaman Istana Gedung Agung Yogyakarta.

Presiden Soekarno memiliki gagasan, pengibaran Bendera Pusaka  dilakukan oleh pemuda dan pemudi dari seluruh Tanah Air Indonesia.

Maka Husein Mutahar membentuk Paskibraka pertama. Sebagai informasi Husein Mutahar juga yang menciptakan lagu Sykur dan Hari Merdeka yang dinyanyikan saat Upacara Kemerdekaan.

Baca Juga: Inilah Arti Kata Skena yang Sesungguhnya Menurut Ahli| SINAU

Editor Video: Dawud Majid



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x