Kompas TV video vod

Terdampak Sistem Zonasi PPDB, 86 Siswa Terpaksa Belajar di Bawah Tenda

Kompas.tv - 19 Juli 2023, 16:41 WIB
Penulis : Shinta Milenia

KLATEN, KOMPAS.TV - Sebanyak 86  siswa yang terdampak Sistem Zonasi PPDB 2023 di Kecamatan Karangnongko, Klaten, Jawa Tengah harus belajar di bawah tenda.

Ini dilakukan karena ruang kelas yang selama ini dipinjam dari sebuah sekolah dasar tidak bisa menampung jumlah rombongan belajar ini.

SMA Negeri 1 Karangnongko, Klaten, Jawa Tengah memiliki 2 kampus sebagai tempat belajar mengajar.

Kampus satu berlokasi di Kecamatan Karangnongko dan kampus dua atau disebut juga kelas jauh meminjam dua ruang kelas di SD Negeri 1 Tlogowatu.

Kelas jauh menjadi solusi atas masalah penyediaan fasilitas pendidikan di daerah ini.

Sejak tahun lalu, kampus dua digunakan untuk menampung para siswa yang terdampak sistem zonasi dari Kecamatan Kemalang maupun Kecamatan Taman Sari, Kabupaten Boyolali.

Di dua kecamatan berbatasan tersebut tidak terdapat SMA atau SMK negeri maupun swasta.

Namun tahun ajaran baru 2023 ini situasinya berbeda, ruang kelas yang dipinjam dari SD 1 Tlogowatu tidak bisa menampung rombongan belajar baru yang berjumlah 86 siswa.

Untuk sementara, kegiatan belajar mengajar digelar di sebuah tenda sambil menunggu kesiapan sarana prasarana di aula balai desa setempat.

Para orangtua siswa baru yang berasal dari Kabupaten Boyolali sedari awal tahu anaknya akan belajar di bawah tenda.

Mereka bersyukur meski dalam situasi yang terbatas, anak-anak akhirya mendapat sekolah. 

Lokasi rumah yang terdampak sistem zonasi membuat putra putri mereka tidak bisa bersekolah di Kabupaten Boyolali.

Pengadaan fasilitas untuk tempat belajar 86 siswa baru ini masih menunggu kebijakan Pemerintah Kabupaten Klaten dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Baca Juga: Soal Bacawapres Ganjar, Andika Perkasa: Saya Siap Jalani Tugas Partai


 



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA


Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.