Kompas TV video vod

Sentra IKM Kain Tapis Bandar Lampung, Promosikan Pakaian Adat Hingga Suvenir Cantik dari Kain Tapis

Kompas.tv - 17 Juli 2023, 14:38 WIB
Penulis : Shinta Milenia

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.TV - Sejumlah ibu rumah tangga pegiat Industri Kecil Menengah di Kota Bandar Lampung membuat kerajinan tangan bernuansakan kain tapis.

Sentra IKM Tapis yang berlokasi di kawasan Kalpataru, Kemiling Bandar Lampung ini menjadi tempat bekumpulnya sejumlah ibu rumah tangga pegiat industri kecil menengah.

Mereka membuat berbagai karya tangan yang merupakan turunan dari kain tapis atau wastra khas Lampung seperti pakaian adat, tas, kopiah hingga berbagai souvenir cantik.

Semua kerajinan yang dibuat selanjutnya dipamerkan pada galery yang ada sehingga bisa dilihat dan dibawa pulang oleh pengunjung yang datang.

Selain sebagai tempat berkumpulnya pegiatan Industri Kecil Menengah (IKM), Sentra Tapis ini juga menjadi sarana edukasi bagi masyarakat untuk bisa belajar secara langsung cara membuat kain tapis.

Setidaknya dengan adanya peran Sentra IKM Tapis ini, sejumlah ibu rumah tangga dapat terbantu dalam menjual produk kerjainan mereka serta juga memanfaatkan media sosial untuk memperluas pemasaranya.

Setidaknya ada sekitar 31 pegiat Industri Kecil Menengah Kain Tapis Sentra IKM Bandar Lampung yang terus berkomitmen menjaga serta melestarikan budaya lampung khususnya pada generasi muda saat ini, sehingga bisa semakin dikenal baik dikancah nasional dan internasional.

Baca Juga: 109 Motor Diamankan saat Polisi Bubarkan Balapan Liar di Pamekasan

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x