Kompas TV video vod

Polemik Kecurangan PPDB Sistem Zonasi, Kemendikbud Tak Membantah Adanya Temuan Kecurangan!

Kompas.tv - 14 Juli 2023, 22:57 WIB
Penulis : Shinta Milenia

KOMPAS.TV - Dugaan kecurangan dalam sistem zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB muncul di berbagai daerah.

Di Tangerang, Banten, sebuah video yang memperlihatkan seorang warga mengukur jarak sekolah dari rumah viral di media sosial.

Aksi ini dilakukan sebagai bentuk protes karena adiknya tidak lolos PPDB melalui sistem zonasi di sekolah negeri yang berjarak  kurang dari 500 meter  dari rumahnya.

Sementara pihak sekolah menyatakan proses PPDB telah dilakukan sesuai petunjuk teknis dari  Dinas Pendidikan Provinsi Banten.

Jika calon siswa yang masuk dalam zonasi PPDB tidak masuk dalam titik koordinat, maka pihak orang tua calon siswa bisa datang ke sekolah sebelum pendaftaran itu ditutup.

Pihak Kemendikbud tidak membantah jika saat ini ada temuan kecurangan atau penyimpangan dalam PPDB sistem zonasi, kemendikbud akan mencari solusi bersama Pemerintah Daerah.

Hal senada disampaikan Menko PMK Muhadjir Effendy, Muhadjir menilai temuan kecurangan di  PPDB sistem zonasi sekolah negeri cenderung lebih sedikit jika dibandingkan sebelum diberlakukannya sistem zonasi.

Menko PMK juga meminta kepada pemerintah daerah untuk melakukan evaluasi internal jika di daerahnya banyak terdapat keluhan atau laporan kecurangan sistem zonasi.

Baca Juga: Pemerintah Akan Hapus Kelas 1,2,3 BPJS Kesehatan, Diganti Sistem Kelas Rawat Inap Standar


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x