Kompas TV video vod

Sekolah Pasar Fasilitasi Anak Pedagang Pasar di Gorontalo Raih Pendidikan Formal

Kompas.tv - 14 Juli 2023, 17:16 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia | Editor : Ikbal Maulana

GORONTALO, KOMPASTV - Meski tak senikmat layaknya anak kebanyakan yang bisa memperoleh pendidikan formal, sejumlah anak pedagang di Pasar Tradisional Kayu Bulan, Kabupaten Gorontalo terlihat begitu ceria ketika diajak bemain sambil belajar oleh guru.

Anak-Anak ini sebagian besar adalah anak pedagang pasar yang terpaksa membantu orang tua mencari nafkah demi kebutuhan hidup.

Keterbatasan ekonomi membuat anak anak ini berhenti sekolah, bahkan sebagian dari mereka sama sekali tidak pernah duduk dibangku sekolah.

Atas keprihatinan ini, pemerintah setempat melalui tim penggerak PKK menggagas sekolah pasar. Di sekolah pasar ini oleh pemerintah sengaja membentuk tim khusus, sebagaimana struktur sekolah formal dimana ada yang bertanggungjawab sebagai Kepala Sekolah hingga guru pengajar.

Salah satu orang tua mengaku sangat  terbantu dengan didirikannya sekolah pasar  oleh pemerintah.

Sekolah pasar ini akan menyasar seluruh anak putus sekolah di sejumlah pasar tradisional  di Kabupaten Gorontalo. Anak-Anak yang terdaftar sebagai murid di sekolah non formal ini akan memperoleh ijazah paket  A paket B dan paket C sesuai dengan usia anak.
 

Baca Juga: Pemkab Gorontalo Gagas Sekolah Pasar Bagi Anak Putus Sekolah

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x