Kompas TV video vod

Permintaan Keluarga pada Pemerintah: Segera Temukan 3 Jemaah Haji Lansia yang Hilang

Kompas.tv - 12 Juli 2023, 12:18 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia

ARAB, KOMPASTV - Keluarga jemaah Haji yang hilang di Mekkah, Arab Saudi berharap pemerintah segera menemukan anggota keluarga mereka.

Tiga jemaah Haji Indonesia yang belum diketahui keberadaannya itu semuanya merupakan jemaah lansia dan ada yang tercatat menderita demensia.

Didin, anak dari jemaah haji yang hilang di Arab Saudi diselimuti rasa sedih. Selama 12 hari menunggu kabar sang ayah Suharja. Ia tak kuasa menahan tangis kala menceritakan kabar hilangnya sang ayah. Suharja hilang saat beribadah haji bersama istrinya diharapkan ditemukan dalam kondisi sehat.

Tak hanya dari Embarkasi Majalengka jemaah haji yang hilang juga berasal dari Embarkasi Surabaya. Jemaah bernama Niron Sunar Suna asal Kabupaten Probolinggo,Jawa Timur itu hilang di Arab Saudi usai terpisah dari rombongan saat melaksanakan lempar jumrah pada 29 Juni lalu. Saat pencarian, petugas haji sempat menemukan pakaian dan identitas seperti paspor Niron Suna yang tercecer.

Jemaah haji asal palembang Idun Rohim Zen Bin Rohim juga dilaporkan hilang di tanah suci. Idun Rohim dilaporkan terpisah dari rombongan jemaah pada 9 Zulhijjah saat berada di Arafah usai melakukan wukuf dan tengah bersiap menuju Muzdalifah. Jemaah berusia 83 tahun ini diketahui menderita dimensia dan sempat dirawat selama tiga hari di Mekkah.

Tim perlindungan jemaah telah menyisir sejumlah titik, baik di Arafah, Muzdalifah dan Mina  atau Armuzna maupun tempat lain guna mencari 3 jemaah yang hilang.

Pemerintah juga akan melaporkan hal ini kepada kepolisian Arab Saudi. Namun, jika belum ditemukan hingga penyelenggaraan haji selesai maka pencarian akan dilanjutkan oleh KJRI Jeddah.
 

Baca Juga: 3 Jemaah Haji Indonesia Hilang, Tim Perlindungan Jemaah Sisir Arafah Hingga Mina

 



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA


Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.