Kompas TV video vod

Inovasi Baru, Mahasiswi Farmasi Kota Malang Berhasil Ciptakan Skincare dari Kulit Jeruk

Kompas.tv - 5 Juli 2023, 17:21 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia | Editor : Aditya Pramana

MALANG, KOMPASTV - Mahasiswi jurusan farmasi di Kota Malang, Jawa Timur berinovasi dengan membuat produk perawatan wajah dari kulit jeruk. Mahasiswi ini menemukan bahwa kulit jeruk memiliki kandungan yang baik untuk wajah.

Vania Ristianti, mahasiswi Fakultas Farmasi Universitas Machung Kota Malang berhasil berinovasi menciptakan produk skincare atau produk perawatan wajah menggunakan bahan alami berbahan dasar kulit jeruk.

Dari hasil penelitiannya, kulit jeruk ini ia manfaatkan untuk menjadi kandungan dalam serum anti acne atau serum untuk mengobati jerawat.

Hal tersebut dilakukannya karena ia sendiri ingin membuat produk perawatan wajah yang mampu mengatasi problem jerawat yang dialaminya. Namun, banyak obat jerawat yang justru membuat jerawat di mukanya menjadi lebih banyak.

Ia pun memilih bahan dasar kulit jeruk keprok yang diolah menjadi minyak atsiri. Kemudian ditambah bahan lain seperti Carbomer, Natrium Benzoat, hingga Propilen Glikol.

Minyak atsiri dipilih karena memiliki banyak kandungan senyawa anti bakteri serta aman untuk penggunaan jangka panjang. Selain itu jeruk juga memiliki bau yang segar dan harum. Sehingga membuat penggunanya nyaman.

Serum anti acne ini aman karena sudah melalui serangkaian uji laboratorium. Untuk skincare yang kerap mahal biaya pembuatan serum ini hanya menghabiskan 30 ribu rupiah untuk tiap botolnya.

Ia pun kini menggunakan serum ini untuk perawatan jerawatnya sehari-hari. Vania pun berharap agar serum buatannya bisa diproduksi massal dan cocok untuk banyak orang.

Baca Juga: Mahasiswi di Malang Racik Kulit Jeruk Jadi Skincare Anti-Jerawat

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x