Kompas TV video vod

Taiwan Sediakan Fasilitas Pelatihan Hingga Layanan Pengaduan Berbahasa Indonesia Bagi TKI!

Kompas.tv - 29 Juni 2023, 22:34 WIB
Penulis : Kharismaningtyas

KOMPAS.TV - Taiwan menjadi salah satu tempat tujuan untuk tenaga kerja Indonesia bekerja. Banyaknya pekerja dari Indonesia, membuat Pemerintah Taiwan menyiapkan beberapa fasilitas mulai dari pelatihan kerja, hingga layanan perlindungan dengan menggunakan bahasa Indonesia.

Informasi dengan menggunakan Bahasa Indonesia, terdengar di salah satu terminal kedatangan Bandara Internasional Taoyuan, Taiwan.

Ini adalah salah satu fasilitas yang diberikan oleh pemerintah, karena banyaknya pekerja dari Indonesia yang datang ke Taiwan.

Sejumlah fasilitas pelatihan kerja untuk tenaga kerja Indonesia, salah satunya pelatihan bahasa mandarin, agar dapat berkomunikasi, selama bekerja di Taiwan.

Baca Juga: Kurikulum di Ponpes Al-Zaytun Dievaluasi, Bareskrim Selidiki Dugaan Pidana oleh Panji Gumilang

Tak hanya pelatihan, pemerintah juga menyediakan layanan pengaduan, yang bisa diakses dalam beragam bahasa termasuk Indonesia, bagi para pekerja yang mengalami perlakuan buruk selama bekerja di Taiwan.

Apriyanto, salah satu Tenaga Kerja Indonesia yang bekerja di Taiwan mengaku memilih bekerja di Taiwan karena mendapat penghasilan yang lebih baik dan fasilitas kesehatan yang baik bagi para pekerja.

Dari data tahun 2022 Kementerian Tenaga Kerja Taiwan, tercatat ada sekitar 84 ribu Tenaga Kerja Indonesia yang bekerja di Taiwan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x