Kompas TV video vod

Pelaksanaan Ibadah Wukuf di Arafah, Suhu Capai 48 Derajat Celsius Buat Jemaah Haji Kehausan

Kompas.tv - 29 Juni 2023, 12:54 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia

ARAFAH, KOMPASTV - Pelaksanaan ibadah wukuf sebagai salah satu rukun haji telah dilaksanakan. Suasana haru begitu terasa usai jemaah berdoa khusyuk saat melakukan wukuf di Arafah.

Panas terik yang mencapai suhu 48 derajat selsius saat pelaksanaan wukuf di Arafah membuat jemaah haji kehausan. Di sudut tenda jemaah haji terdapat lapak bagi-bagi buah gratis oleh warga lokal. Hal ini sangat membantu para jemaah agar tak mengalami dehidrasi.

Air mata mengalir saat para jemaah usai memohon ampunan kepada sang pencipta semesta alam dan saling bermaafan di Arafah. Seluruh jemaah haji khusus ini larut dalam rasa haru mendalam.

Pada saat yang disebut waktu emas ba'da dhuhur semua jemaah yang berada dalam tenda mendengarkan khutbah wukuf serta berdoa bersama.

Puncak ibadah haji yaitu wukuf di Arafah selesai dilaksanakan tepat saat matahari tergelincir atau bakda maghrib pada 9 dzulhijah 1444 hijriyah. Jelang maghrib seluruh jemaah keluar tenda untuk melantunkan doa wada atau doa akhir wukuf. Setelah itu jemaah bersiap menuju Muzdalifah.

Sekitar 2 juta jemaah haji dari seluruh dunia secara resmi memulai ibadah haji pada hari senin kemarin. Seluruh jemaah berjalan keluar dari Mekkah dan berkumpul di kemah tenda yang disediakan di Arafah. Haji tahun ini cukup istimewa karena semua kuota haji dimaksimalkan kembali untuk pertama kalinya sejak awal pandemi covid-19 tiga tahun lalu.
 

Baca Juga: Begini Suasana Pelaksanaan Ibadah Haji di Arafah Hingga Mina Arab Saudi

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x