Kompas TV video ni luh

Polusi Udara Kepung Warga Jakarta | NI LUH FULL

Kompas.tv - 20 Juni 2023, 13:45 WIB
Penulis : Agung Pribadi

Polusi udara di Jakarta, nyata! Menurut data IQAir, Juni 2023, indeks kualitas udara di Jakarta cenderung berada di angka 130 hingga lebih dari 150, masuk kategori tidak sehat. Hal yang sama juga terlihat dalam data ISPUNET, aplikasi pemantau indeks standar pencemar udara milik Kementerian Lingkungan Hidup & Kehutanan RI. Hal ini timbulkan ancaman kesehatan serius. Bagaimana Pemprov dan warga melihat kualitas udara Jakarta akhir-akhir ini?

Jurnalis Kompas TV, Ni Luh Puspa, datang ke jantung polusi udara Jakarta, melihat langsung udara Jakarta dipenuhi polusi.

Ni Luh pertama bertemu dengan Ribka Arunglangi. Ibu 3 anak ini harus merasakan kejamnya polusi udara ibu kota. Tak hanya dirinya, anak-anak dan suaminya juga jadi korban. Dua buah hatinya bahkan harus dilarikan ke rumah sakit, dan divonis asma serta infeksi pernafasan. Semua terjadi setelah Ribka sekeluarga berada di luar rumah selama kurang lebih 3 jam.

Ni Luh juga berbincang dengan dr Agus Dwi Susanto, Dokter Spesialis Paru dan Direktur Utama RSUP Persahabatan Jakarta, untuk mengetahui seberapa besar bahaya polusi udara bagi tubuh manusia. Benarkah dapat timbulkan penyakit permanen?

Selanjutnya Ni Luh bertemu dengan Direktur Pengendalian Pencemaran Udara KLHK, Luckmi Purwandari untuk mengetahui bagaimana Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyikapi kualitas udara Jakarta yang dianggap memburuk. Apa saja faktor yang menjadi penyebab polusi udara terjadi di ibu kota? Apakah kendaraan bermotor atau asap dari pabrik di kawasan penyangga Jakarta?

Jurnalis Kompas TV, Ni Luh Puspa, juga mendatangi perwakilan Tim Advokasi Koalisi Ibu Kota untuk mengetahui bagaimana mereka memantau para pengambil kebijakan membenahi udara Jakarta. Koalisi Ibu Kota diketahui melayangkan gugatan pada 2019 ke Pemprov DKI Jakarta hingga ke Presiden Joko Widodo terkait polusi udara. Mereka memenangkan gugatan.

Saksikan NI LUH, episode WARGA JAKARTA DIKEPUNG POLUSI UDARA, tayang 19 Juni 2023, pukul 20:30 WIB, hanya di Kompas TV, Independen Terpercaya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x