Kompas TV video vod

MA Gandeng JICA saat Gelar Pelatihan Tentang Hak Kekayaan Intelektual - MA NEWS

Kompas.tv - 14 Juni 2023, 13:41 WIB
Penulis : Kharismaningtyas

JAMBI, KOMPAS.TV - Sebanyak 30 orang Hakim Pengadilan Negeri dan Pengadilan Tinggi Jambi, mengikuti  pelatihan tentang hak kekayaan intelektual  yang diselenggarakan oleh Mahkamah Agung RI bekerja sama dengan JICA.

Kegiatan ini dilakukan selama tiga hari di Kota Jambi yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan para hakim di bidang  hak kekayaan intelektual.

Dalam pelatihan ini dihadirkan narasumber dari Hakim Agung dan Para Hakim Tinggi  Mahkamah Agung RI  yang sudah menguasai HKI. Juga  dari JICA  terdiri  dari  Hakim Jepang yang ahli HKI yang berpengalaman menyidangkan perkara HKI. Jambi pun  menjadi provinsi kedua dalam tahun  ini.

Pelatihan ini terus dilakukan oleh Mahkamah Agung RI bersama JICA, bahkan beberapa provinsi lainnya akan mendapat pelatihan  tentang hak kekayaan intelektual.

Pelatihan  ini sangat penting kepada Hakim Indonesia karena masih banyaknya  kekurangan ahli HKI.

Dimana permasalahan  HKI di Indonesia cukup banyak, mulai dari merek, desain dan HAKI.

Dalam kegiatan ini, Jepang mengirimkan  hakim  yang ahli di bidang HKI, untuk memberikan  ilmu dan  informasi kepada hakim Indonesia.

Pelatihan yang diberikan oleh hakim JICA dan Mahkamah Agung ini, bisa meningkatkan kompetensi  dan mengadili kasus tersebut.

JICA tetap melakukan pelatihan kemampuan hakim yang ada di Indonesia  dalam kasus niaga,  JICA juga akan memberikan buku dan dokumen  kepada hakim, untuk menangani kasus  niaga.

Selain itu Hakim Tinggi Jepang menambahkan dengan pelatihan ini diharapkan ada hakim niaga kedepannya , yang bisa menangani kasus niaga. 

Baca Juga: PT Agama Bengkulu Buat Aplikasi "E-Mosi Caper" untuk perlindungan Hak Pasca-Perceraian - MA NEWS

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Advertorial

Madiun Maju Mendunia | VVIP

27 April 2024, 15:37 WIB

Close Ads x