Kompas TV video vod

Pemerintah Punya Target Cita-Cita Indonesia Emas 2045, Apakah Bisa?

Kompas.tv - 8 Juni 2023, 22:06 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia | Editor : Theo Reza

KOMPASTV - Cita-Cita Indonesia Emas 2045 terus saja digaungkan oleh pemerintah. Salah satu target di dalamnya adalah membuat kasta Indonesia berpindah dari negara berkembang menjadi negara maju. Artinya, kita akan sejajar dengan Amerika Serikat, Korea Selatan, Jepang. Untuk melihat apakah suatu negara bisa masuk ke jajaran negara maju adalah dengan melihat pendapatan per kapitanya.

Selama puluhan tahun, pendapatan per kapita Indonesia selalu masuk angka negara berpendapatan menengah ke bawah. Saat ini angka pendapatan per kapita Indonesia adalah 4.120 dollar atau 5,9% pendapatan per kapita Amerika Serikat. Targetnya di 2045 pendapatan per kapita bisa naik 3 kali lipat jadi 14 ribu dollar.

Gimana caranya? satu PDB Indonesia dari 2025 sampai 2029 harus di angka 6-6,5 persen, setelahnya harus stabil di atas 7%. Untuk mencapai PDB 9,8 triliun dollar.

Kedua adalah lewat industrialisasi. Kontribusinya ke PDB harus di angka 28%.

Sayangnya, saat ini Indonesia malah mengalami de-industrialisasi yang artinya sektor manufaktur terhadap PDB justru terus turun angkanya.

Salah satu negara yang bisa jadi contoh sukses dalam industrialisasi adalah Korea Selatan. Kemajuan Korsel saat ini bukan hanya karena serius menggarap K POP dan K Dramanya saja.

Inovasi jadi cara untuk meningkatkan kontribusi manufaktur. Sehingga perlu riset untuk menentukan inovasi. Namun, dana riset di Indonesia tergolong kecil. Padahal riset dan inovasi adalah tulang punggung dari industrialisasi.

Baca Juga: Jengkel Dituduh Punya Bisnis di Papua, Luhut Tantang Pembuktian Bisnis Miliknya

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x