Kompas TV video vod

300 Kepala Desa dan Lurah Peserta Paralegal Academy Award 2023 Kunjungi Gedung MA - MA NEWS

Kompas.tv - 4 Juni 2023, 13:31 WIB
Penulis : Aisha Amalia Putri

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sebanyak 300 kepala desa dan lurah peserta Paralegal Academy Award 2023 mengunjungi gedung Mahkamah Agung.

Kunjungan ini merupakan rangkaian acara Paralegal Justice Award, dalam rangka edukasi sistem hukum yang ada di Indonesia.

Dalam kunjungan ini, peserta diterima langsung Kepala Biro Hukum Dan Humas Mahkamah Agung, Sobandi, Sekretaris Panitera MA, Iyus Suryana dan pejabat eselon satu Mahkamah Agung.

Peserta Paralegal Academy Award diberi kesempatan mengunjungi museum, perpustakaan, hingga rooftop di gedung Mahkamah Agung.

Dalam edukasi dari Mahkamah Agung, dijelaskan proses penanganan kasasi dan peninjauan kembali, yang dilakukan dengan proses sederhana, ringkas dan berbiaya ringan.

Kegiatan kunjungan ke Mahkamah Agung dimaksudkan untuk memberi dukungan agar kepala desa dan lurah, lebih semangat dalam menyelesaikan perkara hukum yang dialami masyarakat, misalnya di desa sebagai hakim perdamaian adat.

Peserta Paralegal Academy Award, mengatakan kunjungan ini merupakan pengalaman berarti karena bisa datang ke salah satu lembaga penegakan hukum tertinggi di Indonesia.

Peserta berharap, dapat menambah wawasan tentang proses perjalanan penegakan keadilan di Indonesia.

Paralegal Academy Award merupakan program pelatihan untuk meningkatkan kompetensi kepala desa dan lurah dalam menyelesaikan sengketa atau advokasi.

Paralegal Academy diselenggarakan kementerian hukum dan ham bekerja sama dengan Mahkamah Agung.

Dari 765 peserta yang mendaftar, 565 peserta yang lulus seleksi administrasi, dan akhirnya diumumkan sebanyak 300 peserta yang berhasil melewati tahap seleksi audisi.

Baca Juga: Inovasi Pengenalan PN Baubau pada Siswa TK dan Sekolah Dasar - MA NEWS


 




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x