Kompas TV video vod

Jawaban Mahfud Saat Ditanya Panglima TNI Soal Pengamanan Pejabat Negara yang Ikut Pemilu 2024

Kompas.tv - 1 Juni 2023, 21:07 WIB
Penulis : Dian Septina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Panglima TNI Laksamana Yudo Margono bertanya kepada Menko Polhukam Mahfud MD soal pengamanan pejabat negara yang ikut menjadi peserta Pemilu 2024 namun belum berhenti dari jabatannya.

Yudo mengatakan, TNI maupun Polri akan memberikan sarana dan prasarana pengawalan kepada pejabat negara, saat berkampanye ketika mengunjungi suatu daerah.

Ia menanyakan, bagaimana seharusnya sikap TNI maupun Polri saat melakukan pengamanan pejabat negara agar tetap netral walaupun ada unsur politik dalam kegiatan itu. 

"Bagaimana kami bersikap ketika mereka ini akan melaksanakan kampanye? Tentunya kan kita tidak pernah tahu ini kampanye, atau sekadar kunjungan kerja, atau kegiatan lain. Ini sulit membedakannya," ujar Yudo.

"Mohon arahan bagaimana kami akan bersikap, khususnya betul-betul yang tadi disampaikan bahwa TNI-Polri netral dalam Pemilu 2024," tambah Yudo.

Mahfud berpendapat, hal itu tidak perlu dikhawatirkan oleh TNI dan Polri. Sebab, saat masa kampanye nanti pejabat yang akan berkontestasi pada Pemilu 2024 akan berstatus cuti.

Video editor: Bara Bima Hardika

Baca Juga: Mahfud MD Wanti-Wanti Soal Anies: Koalisi Harus Kompak, Biar Nggak Dijegal Internal Sendiri

 



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.