Kompas TV video news or hoax

Kekerasan Anak Oleh Orangtua | NEWS OR HOAX

Kompas.tv - 17 Mei 2023, 11:24 WIB
Penulis : Agung Pribadi

Akhir-akhir ini terjadi kasus yang cukup memilukan yakni pembunuhan anak oleh ayah kandung. Namun kekerasan terhadap anak (child abuse) tanpa disadari kerap dilakukan oleh orang tua.

Seperti kasus pembunuhan bayi tiga bulan di Pati dan kasus pembunuhan anak di Gresik yang membuat masyarakat yang mengetahui peristiwa ini geram. Pasalnya, figur seorang ayah adalah merupakan sosok pemimpin serta pelindung bagi keluarganya.

Perbuatan keji tersebut juga membuat polisi harus menguji kejiwaan para pelaku karena korbannya adalah anak kandung si pelaku itu sendiri.

Faktor stress, depresi, trauma masa lalu dan lainnya acapkali menjadi pemicu tindak kekerasan ini sehingga mengakibatkan luka fisik maupun psikis bahkan tak sedikit yang berujung kematian.

Akibat yang paling berbahaya adalah trauma yang berkepanjangan, yang dikhawatirkan berpotensi bagi anak untuk mengulangi tindak kekerasan yang dialami ketika masih kecil kepada anak mereka sendiri setelah menjadi orang tua. 

Maka kesehatan mental dan finansial juga sebaiknya dimiliki pasangan sebelum memutuskan untuk mengikat diri dalam sebuah pernikahan. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x