Kompas TV video sasaran

Peredaran Pakaian Bekas Bisakah Diberantas? | Sasaran

Kompas.tv - 12 Mei 2023, 22:20 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

KOMPASTV - Baru-baru ini, petugas gabungan menggerebek gudang penyimpanan baju bekas ilegal dari luar negeri, di pasar Senin Jakarta Pusat. Ratusan karung pakaian bekas disita, lalu dimusnahkan.

Urusan impor pakaian bekas di Indonesia sepertinya tidak pernah bisa diberantas. Di satu sisi keberadaan pakaian bekas menjadi ajang untuk berburu produk murah oleh sebagian masyarakat, di sisi lain ada yang beranggapan pakaian bekas tersebut tergolong sebagai sampah atau limbah yang tak layak pakai.

Meski aturan menyatakan ilegal, distribusi pakaian bekas impor tetap saja mengalir ke sejumlah pasar lokal di Indonesia. Bagaimana barang tersebut bisa beredar di tanah air?

Imbas peredaran produk bekas impor ini pun membuat industri lokal rontok. Terlebih lagi, saat ini industri pakaian hingga alas kaki lokal menghadapi banyak ketidakpastian ekonomi. Industri tekstil dan produk tekstil pun mengeluhkan banyaknya pakaian bekas yang membanjiri pasar domestik membuat produknya sulit memenangkan persaingan.

Siapa saja pemakai pakaian bekas luar negeri ini?



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x