Kompas TV video vod

Mesin Pompa Air Berusia 19 Tahun di Situbondo Rusak Sebabkan Warga Minum Air Keruh

Kompas.tv - 12 Mei 2023, 16:52 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia

JAWA TIMUR, KOMPASTV - Sejak mesin pompa air rusak, warga sebuah desa di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur krisis air bersih dan harus mengonsumsi air yang keruh.

Bahkan untuk mendapatkan air yang tidak layak konsumsi itu warga harus menempuh medan berbukit dan berbatu.

Bagi warga Dusun Polay, Desa Jatisari, Kecamatan Arjasa, Situbondo, Jawa Timur air bersih adalah kebutuhan utama yang sulit didapatkan.

Warga harus berjalan kaki sejauh satu kilometer melalui jalan berbukit dan berbatu menuju sungai kecil, itu pun demi mengambil air yang keruh. Sebelum digunakan dan dikonsumsi, air terlebih dulu didiamkam selama semalaman agar air terpisah dengan tanah dan kotoran.

Nantinya air akan dikonsumsi untuk minum, mandi, memasak, hingga minum hewan ternak.

Untuk mencukupi kebutuhan air, warga juga menampung dan memanfaatkan air hujan.

Kesulitan mengakses sumber air bersih dialami warga selama tiga bulan terkahir sejak mesin pompa air milik desa yang berusia 19 tahun rusak.

Sebelumnya, air bersih disalurkan ke rumah-rumah dari sumber air melalui mesin pompa. Pemerintah kecamatan terus berupaya mencari alternatif sumber air bersih warga.

Warga berharap mesin pompa air segera diperbaiki agar tak lagi menghabiskan waktu dan tenaga hanya untuk mendapatkan air keruh. Untuk pembelian mesin pompa yang baru, diperkirakan dibutuhkan dana sekitar Rp 500 juta.

Baca Juga: Warga Kanal Victori Pantai Kota Sorong Kesulitan Air Bersih

 




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x