Kompas TV video vod

Viral! Video Warga Pekalongan Hitung Uang Rusak Puluhan Juta Disimpan di Kolong Tempat Tidur

Kompas.tv - 12 Mei 2023, 16:51 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia

TEGAL, KOMPASTV - Video warga Pekalongan yang menghitung puluhan juta uang rusak setelah disimpan di kolong tempat tidur viral di media sosial.

Total ada sekitar Rp 16 juta 5 ratus ribu uang rusak yang kini sudah bisa digunakan kembali sebagai alat transaksi usai ditukarkan di kantor perwakilan Bank Indonesia Tegal.

Video berdurasi 27 detik memperlihatkan dua orang sedang menghitung uang yang rusak setelah disimpan lebih dari tiga tahun di kolong tempat tidur.

Rustini wanita berusia 53 tahun warga Kedungjaran, Kecamatan Sragi, Kabupaten Pekalongan pemilik uang yang rusak ini langsung mendatangi kantor perwakilan Bank Indonesia Tegal.

Uang kertas pecahan seratus ribu dengan total Rp 40 juta rusak tak beraturan.

Uang senilai Rp 23 juta lima ratus ribu yang rusak sebelumnya sudah ditukar ke BRI Kajen Pekalongan. Namun sisanya sebanyak Rp 16 juta lima ratus ribu ternyata tidak bisa ditukar dan disarankan agar ditukar di Bank Indonesia Tegal.

Rustini yang bekerja sebagai penjual nasi di Jakarta ini mengatakan awalnya ia lupa menaruh uang kertas pecahan seratus ribu dalam empat ikatan karet. Masing-Masing ikatan senilai Rp 10 juta. Uang itu ia letakkan  di sebuah kaleng di kolong tempat tidur.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tegal mengatakan dari 16 juta lima ratus yang bisa ditukar sebanyak Rp 15,9 juta, sementara sisanya sebanyak Rp 600 ribu tidak bisa ditukar karena kerusakannya sangat parah.

Pelayanan penukaran uang tidak dipungut biaya alias gratis.

Kini Rustini bisa bernapas lega uangnya bisa kembali digunakan sebagai alat tukar, kedepan Rustini akan menaruh uangnya di Bank setelah memiliki rekening tabungan.

Baca Juga: Tukar Rp16,5 Juta Uang Rusak Dimakan Rayap dengan Rp15,9 Juta, Rustini: Alhamdulilah

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x