Kompas TV video vod

Sukses Atasi Permasalahan Permukiman Kumuh Terpadu, Kampung Nelayan Randuboto Jadi Percontohan

Kompas.tv - 12 Mei 2023, 12:02 WIB
Penulis : Shinta Milenia

GRESIK, KOMPAS.TV - Kampung Nelayan di Desa Randuboto, Kecamatan Sidayu, Kabupaten Gresik, Jawa Timur sukses menyelesaikan permasalahan permukiman kumuh terpadu dan langsung jadi pusat percontohan.

Para peserta dari 67 kabupaten kota dan 26 propinsi yang mendapatkan dana aluran khusus atau DAK Tematik PPKT dari Kementerian PPN Bappenas datang untuk belajar menghilangkan kesan kumuh.

Penjelasan dan tanya jawab tetang bagaimana kebersihan dan kerapian Kampung Nelayan terwujud didapat setelah berkeliling melihat kesuksesan program ini.

Desa Randuboto menjadi pilot project atau sebagai desa percontohan karena dinilai sukses menyelesaikan permasalahan permukiman kumuh terpadu usai menerima manfaat program dari Kementerian Bappenas Medio 2021 lalu.

Penanganan kumuh terpadu yang mengkolaborasikan tiga bidang, air minum, sanitasi termasuk persampahan, serta perumahan dan permukiman yang terintegrasi dengan minapolitan, hingga menjadikan desa ini mampu bersaing dalam sektor pariwisata.

Pemerintah Kabupaten Gresik sangat antusias dalam menjalankan program kerjasama dengan Kementerian Bappenas dan berharap sinergitas Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah ini terus dan semakin berkembang.

Baca Juga: Dinas PU: Bukan Memasang, Kita Menurunkan Bendera Partai Politik

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x