Kompas TV video vod

Mengenal Kalikiben yang Bikin Perut Nyeri karena Lari Usai Makan dan Minum

Kompas.tv - 9 Mei 2023, 21:29 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia | Editor : Ikbal Maulana

JAKARTA, KOMPAS.TV - Berbagai jenis nyeri di bagian perut mulai dari mules, diare, hingga perih karena maag. Lalu bagaimana dengan kalikiben, apakah kalian pernah mengalaminya atau justru baru mendengar kata ini? Dalam Selasa bahasa kali ini kita akan membahas kata Kalikiben yang telah masuk dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Perasaan nyeri dan tidak nyaman di bagian perut memang sudah awam terjadi. Ada diare akibat mengonsumsi makanan tidak bersih, hingga ada yang mengalami perut perih melilit karena asam lambung naik atau disebut maag dan gerd. Namun, ada satu lagi nyeri yang kerap dialami di bagian perut yaitu Kalikiben.

Kalikiben biasanya identik dengan rasa sakit jika perut terguncang sehabis makan dan minum karena berlari atau melakukan gerakan yang cepat. Perasaan nyeri ini biasanya tidak berlangsung lama tetapi cukup mengganggu.

Biasanya warga mengenal sakit perut dan kram perut, lalu apakah warga tau makna dari kalikiben?

Ternyata masih banyak warga yang belum mengetahui makna kalikiben. Kata Kalikiben biasanya digunakan oleh masyarakat jawa barat untuk menggambar nyeri di bagian perut dalam kondisi tertentu. Namun, kini kata kalikiben telah masuk dalam kamus besar bahasa indonesia. Untuk mengetahui lebih jelas tentang makna Kalikiben, berikut penjelasan selengkapnya dari penyelaras bahasa KompasTV.

Nah, kini kita sudah tahu jika kalikiben berarti rasa nyeri di dalam perut yang timbul jika perut terguncang-guncang sehabis makan atau minum karena berlari dan sebagainya. Kalian bisa menggunakna kata kalikiben sebagai variasi kata alih-alih kram perut.

Agar terus lestari, mari kita gunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Baca Juga: Sipon Istri Wiji Thukul Meninggal Dunia, Sempat Mengeluh Sakit Perut Diduga Asam Lambung

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x