Kompas TV video vod

Detik-Detik Gunung Semeru Luncurkan Guguran Lava, BPBD Imbau Warga Waspada

Kompas.tv - 9 April 2023, 23:30 WIB
Penulis : Ikbal Maulana

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Inilah video detik-detik Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur meluncurkan kepulan asap, pada Minggu (9/4/2023).

Warga mengira itu adalah awan panas guguran yang keluar dari puncak kawah Jonggring Saloko, bahkan warga sempat menghentikan aktivitasnya karena takut kepulan asap itu bertambah panjang dan meluncur ke mereka.

Namun, berdasarkan informasi yang diberikan oleh petugas pengamatan Gunung Api Semeru, kepulan asap itu adalah guguran lava yang meluncur dari puncak sejauh 1,5 kilometer dari puncak.

Luncuran lava itu mengarah ke sungai Besuk Kobokan, Desa Supit Urang,  Kecamatan Pronojiwo.

Sementara itu, BPDB Kabupaten Lumajang, Jawa Timur memastikan tidak ada dampak akibat guguran lava tersebut.

Sebab, jaraknya masih jauh dari pemukiman warga.

Baca Juga: Gunung Semeru Muntahkan Guguran Lava Sejauh 1,5 Kilometer, BPBD: Aman, Tak Berdampak!

Meski begitu, warga diimbau tetap waspada karena Gunung Semeru saat ini masih berada di level tiga atau siaga dan berpotensi terjadi awan panas.

“Semeru dalam posisi landai dan sangat jelas, tapi tetap BPDB selalu mengimbau warga masyarakat di seputaran Gunung Semeru tetap waspada, hati-hati dan siaga karena Semeru saat ini masih status level III atau siaga,” ujar Kepala Bidang Pencegahan, Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Kabupaten Lumajang, Wawan Hadi Siswoyo, Lumajang, Minggu (9/4/2023).

Video Editor: Febi Ramdani



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x