Kompas TV video kode

Sulit! Bikin Motor Listrik Produk Lokal, Malah Ditolak Pemerintah? Podcast KODE

Kompas.tv - 7 April 2023, 15:06 WIB
Penulis : Prayogi Haro

JAKARTA, KOMPAS.TV - Motor listrik lokal hingga impor belakangan kerap jadi perbincangan di media sosial. Banyaknya produk impor membuat anak bangsa juga ingin ikut bersaing dalam menciptakan karya bagi Indonesia.

Seperti halnya Niko Questera telah menciptakan motor listrik dengan merek Quest Motors dengan ukuran motor yang terbilang unik, bahkan peminatnya sudah sangat banyak. Seunik apa ya motor listrik ciptaan Niko?

Niko Questera merupakan pemuda asal Indonesia yang telah bekerja bersama Elon Musk selama tiga tahun. Niko bekerja sebagai Insinyur perusahaan Tesla di Amerika. Setelah bekerja sekitar 3 tahun, kemudian dia memikirkan untuk keluar dari perusahaan yang tengah naik daun tersebut. Dia mengatakan bahwa dirinya ingin istirahat selama 6 bulan karena sudah merasa capek. Tetapi, Perusahaan Tesla tidak bisa seperti itu, Dia akhirnya akan dikirim ke Belanda dan Shanghai, tapi akhirnya Niko memilih keluar dari Tesla.

Baca Juga: PANUTAN! Dulu Hidup Susah, Kini Irawati Puteri ke Amerika Kuliah S2 di Stanford | Podcast KODE

Berkat ilmu dan pengalaman selama di Tesla, Niko melahirkan motor listrik lokal dengan merek Quest Motors. Atom Alpha merupakan sepeda motor pertama buatan Quest Motors dengan balutan beragam fitur canggih seperti di Tesla, namun harganya masih terjangkau.

Meskipun sudah mengikuti beberapa pameran, motor listriknya sudah dicoba oleh beberapa pejabat negara. Perizinan terkait lisensi untuk Quest Motors masih belum dikantongi. Bahkan kesulitan yang dirasakan cukup membuat dirinya tidak bisa tidur. Kira-kira apa yang membuatnya kesulitan dalam mengurus lisensi di Indonesia? Bukanya ini karya anak bangsa?

Baca Juga: Proses Hukum Teddy Minahasa Berbeda dengan Ferdy Sambo, Kok Bisa? | Livi On Point

 

Selain berbagi cerita terkait motor, Niko juga membagikan pengalamannya selama bekerja bersama Elon Musk. Banyak kejutan hingga tantangan yang kini sangat membentuk dirinya dalam mendirikan bisnisnya saat ini. Seperti ya Elon Musk?

Saksikan obrolan Wulan Juliani bersama Niko Questera di Podcast KODE @kompastv 

Video Editor : Lisa Nurjannah



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x