Kompas TV video vod

Aksi Kemanusiaan Dompet Dhuafa Salurkan Ratusan Bantuan ke Korban Gempa Turki

Kompas.tv - 13 Februari 2023, 09:31 WIB
Penulis : Theo Reza

JAKARTA, KOMPAS.TV - Di tengah cuaca dingin dan kondisi yang belum pasti, melalui komando Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa bersama relawan dan penyintas gempa bumi Turki-Suriah bersama-sama mendistribusikan 100 paket sembako.

“Kurang lebih 100 paket sembako kita distribusikan di dua distrik terdampak gempa,” bunyi laporan Jovan Pradana selaku relawan Dompet Dhuafa dari Turki.

Berdasarkan pantauan di lapangan, penyintas membuka tenda darurat dengan sederhana, seperti kain, bahkan juga container truk disulap menjadi tempat sementara para penyintas.

Baca Juga: Akikahku Progam Sosial Dari Dompet Dhuafa

Penyintas juga menggunakan pakaian penghangat yang tersisa milik pribadi mereka untuk tetap menghangatkan tubuh dan bertahan di cuaca dingin.

Per 11 Februari 2023 jumlah korban tewas akibat gempa Turki-Suriah mencapai 24.000  jiwa. Di Turki, jumlah kematian telah meningkat menjadi 20.665 jiwa menurut Disaster and Emergency Management Authority (AFAD), sementara di Suriah, lebih dari 3.500 orang dilaporkan tewas sebagaimana yang diberitakan oleh Aljazeera.

Dikatakan bahwa hampir 93.000 penyintas telah dievakuasi dari zona gempa di Turki selatan. Sebanyak 870.000 orang sangat membutuhkan makanan di kedua negara dan sebanyak 5,3 juta orang kehilangan tempat tinggal di Suriah.

Video Editor: Lintang Amiluhur



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x