Kompas TV video vod

Operasi Penyelamatan Pilot Susi Air, Polisi: Kondisi Pilot Belum Bisa Dipastikan

Kompas.tv - 10 Februari 2023, 21:50 WIB
Penulis : Dea Davina

PAPUA, KOMPAS.TV - Pasca evakuasi 15 pekerja pembangunan Puskesmas Paro, Nduga, Papua, TNI-Polri memprioritaskan penyelamatan pilot pesawat Susi Air, Phillip Mark Mehrtens yang pesawatnya dibakar KKB.

Kapolda dan Pangdam setempat tengah berkoordinasi dengan sejumlah tokoh masyarakat dan gereja, untuk membantu penyelamatan pilot.

Selain kondisi lapangan yang menyulitkan deteksi lokasi sang pilot, mantan Kepala Badan Intelijen Strategis TNI, Laksamana Muda Purnawairawan Soleman Pontoh juga menyoroti pendekatan yang dipilih, agar tidak mengorbankan keselamatan sandera.

Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI Dudung Abdurachman, menyebut TNI akan mengirimkan pasukan untuk membantu penyelamatan pilot Susi Air yang diduga disandera oleh kelompok kriminal bersenjata di Papua.

Baca Juga: Soal Upaya Operasi Penyelamatan Pilot Susi Air Disandera KKB, Begini Kata Satgas Cartenz

KSAD, Jenderal Dudung Abdurachman memastikan anggotanya akan menggunakan pendekatan humanis untuk menyelamatkan sandera dan menangkap pelaku.

Kapolri dan Panglima TNI memprioritaskan penyelamatan Pilot Susi Air, Phillip Mark Mehrtens.

Namun, opsi penggunaan kekuatan tak serta merta bisa diambil, karena ada risiko keselamatan sandera.

Lalu apa yang dilakukan untuk bisa segera membebaskan Pilot Susi Air?

KompasTV membahasnya bersama kabid Humas Polda Papua, Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo, dan Kuasa Hukum Susi Air, Donal Fariz.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x