Kompas TV video vod

Akselerasi Riset dan Inovasi, Kemendikbudristek Optimalkan "Matching Fund Kedaireka"

Kompas.tv - 16 Desember 2022, 13:30 WIB
Penulis : Dea Davina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dana Padanan atau Matching Fund adalah program dukungan pendanaan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) Republik Indonesia untuk penciptaan kolaborasi dan sinergi strategis antara insan/lembaga perguruan tinggi dengan pihak mitra, baik dari industri maupun lembaga nonprofit untuk bersama-sama terlibat dalam menjawab tantangan di dalam dunia industri serta membentuk ekosistem Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Sejak diluncurkan pada tahun 2020 melalui Merdeka Belajar episode ke-6, Kemendikbudristek menyediakan dana pendanaan dengan skema sebesar 1:1 untuk setiap pendanaan yang diberikan oleh Mitra Industri.

Baca Juga: Pemerintah Siapkan Program KIP Kuliah untuk Bantu Siswa Berprestasi ke Jenjang Pendidikan Tinggi

Kedaireka adalah Kedaulatan Indonesia dalam Reka Cipta. Diresmikan pada tahun 2020, Kedaireka merupakan sebuah platform yang mendukung ekosistem pertemuan serta sinergi kontribusi Perguruan Tinggi dengan komersialisasi Industri untuk kemajuan bangsa Indonesia, yang sejalan dengan visi Kampus Merdeka Kemendikbudristek RI.

Lalu seperti apa mekanisme penyaluran dana terkait matching fund 2022 ini?

Kompas TV membahasnya besama Nizam, Plt Dirjen Diktiristek Kemendikbudristek dan juga Obie Farobie, Dosen IPB University.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x