Kompas TV video vod

Jokowi Tinjau Lokasi Terdampak Gempa Cianjur, Pastikan Proses Evakuasi dan Bantuan Segera Diberikan

Kompas.tv - 22 November 2022, 16:47 WIB
Penulis : Ikbal Maulana

CIANJUR, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau lokasi terdampak gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (22/11/2022).

Jokowi mengatakan telah memerintahkan kepada Menko PMK, BNPB, Basarnas dan TNI-Polri serta Kementerian PUPR untuk segera membuka akses jalan yang terkena longsor.

“Saya telah perintahkan kepada Menko PMK, BNPB, Basarnas, saya juga sampaikan juga kepada TNI-Polri dan Kementerian PUPR untuk bersama-sama gerakan jajarannya dalam membantu musibah gempa bumi di Kabupaten Cianjur ini, utamanya yang berkaitan dengan akses, pembukaan akses yang terkena longsor.” Kata Jokowi saat mengunjungi lokasi terdampak gempa di Kabupaten Cianjur, Selasa (22/11/2022).

Baca Juga: Begini Cerita Korban Gempa Cianjur yang Sempat Terpisah dengan Anak dan Suaminya!

Selain itu, Jokowi meminta agar korban yang masih terjebak reruntuhan agar segera dievakuasi.

“Korban-korban yang masih tertimbun saya perintahkan agar itu didahulukan, evakuasinya dan penyelamatan didahulukan. “ Ujarnya.

Sementara itu, Jokowi memastikan pemerintah akan memberikan bantuan kepada warga yang rumahnya terdampak gempa.

“Pemerintah akan memberikan bantuan yang rusak berat akan diberikan bantuan Rp 50 juta yang sedang Rp 25 juta dan ringan Rp 10 juta. Tapi yang paling penting adalah pembangunan rumah-rumah yang terkena gempa bumi ini diwajibakan untuk memakai standart bangunan anti gempa.” Jelasnya.

Video Editor: Firmansyah



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x