Kompas TV video vod

Penjelasan Pakar Mikroekspresi Soal Tangisan Putri Candrawathi di Sidang Pembunuhan Brigadir Yosua

Kompas.tv - 22 Oktober 2022, 21:27 WIB
Penulis : Yuilyana

JAKARTA, KOMPAS.TV – Terdakwa Putri Candrawathi sempat terlihat menangis dan mengusap air mata di tengah-tengah persidangan di PN Jakarta Selatan, Senin (17/10/2022).

Ahli Gestur dan Mikroekspresi dari Asosiasi Psikologi Forensik Monica Kumalasari berpendapat pada saat seseorang alami trauma tidak sepanjang waktu melihat gestur mikroekspresi dari traumatik itu.

“Tapi yang kita amati dari persidangan 2 kali, ini merupakan gerakan mengandung arti karena mengandung muatan emosional yang tinggi. Yang kami lihat secara pribadi pada yang bersangkutan pada sidang pertama, masuk ke sidang, sempat terlihat menangis, mengusap air mata, sempat berbicara dengan tim kuasa hukum. Dalam konteks satuan momen yang kita lihat penggalan ini di sini tidak ada emosi yang menunjukkan beliau merasa takut, sedih yang mendalam.”jelas Ahli Gestur dan Mikroekspresi dari Asosiasi Psikologi Forensik Monica Kumalasari dalam wawancara bersama Kompas Petang, Sabtu (22/10/2022).

Baca Juga: Putri Menangis Saat Pembacaan Eksepsi di Sidang, Bahas Kronologi di Rumah Magelang

Sebelumnya tangis Putri pecah saat tim kuasa hukum bacakan eksepsi atas dakwaan JPU pada Putri dalam sidang tersebut.

Tim kuasa hukum Putri kembali membacakan BAP dari salah satu saksi di Rumah Magelang.

“Nangisnya ini kita tidak bisa asumsi dengan satu hipotesis saja, perlu penelitian lebih mendalam, apakah kita perlu melihat apakah tangisannya, dari arah keluarnya air mata, dari ujung, dari kelupuk itu juga bisa diteliti lebih lanjut, tapi kita terbatas untuk mengobservasi lebih lanjut.”kata Monica. 

Video Editor: Lisa Nurjannah
 



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.