Kompas TV video vod

"Kecewa" Masih Ada Pelanggaran HAM, Pemerintah Akan Evaluasi Panti Rehabilitasi Psikososial!

Kompas.tv - 8 Oktober 2022, 14:54 WIB
Penulis : Shinta Milenia

KOMPAS.TV - Perhimpunan Jiwa Sehat bersama Kemenkumham, Kemensos, Kemenkes, KPPA dan Ombudsman melakukan sidak ke beberapa Panti Rehabilitas Penyandang Disabilitas Psikososial.

Hasil sidak tersebut menunjukkan masih adanya pelanggaran hak asasi manusia seperti perempuan dikurung atau dipenjara dan dirantai, bahkan fasilitas pelayanan kurang memadai seperti kamar mandi dan tempat tidur yang kurang layak.

Panti rehabilitasi yang seharusnya menjadi tempat bernaung bagi penyandang disabilitas mental, namun malah menjadi tempat terjadinya pelanggaran HAM, perampasan kebebasan, dan perbuatan yang merendahkan martabat manusia.

Hak penyandang disabilitas  diatur oleh Undang-Undang.

Namun, kenyataanya penyandang disabilitas mental psikosial pun tidak dapat melakukakn interaksi sosial walaupun kondisinya sudah lebih baik dibandingkan sebelumnya.

Baca Juga: Susi Pudjiastuti Diperiksa Kejagung Sebagai Saksi Terkait Kasus Korupsi Impor Garam Industri

Ini yang membuat mereka tersingkirkan dari dunia luar dan memicu kambuhnya penderita disabilitas mental psikososial.

Ditjen HAM Kemenkumham RI mengapresiasi yayasan  Panti Disabilitas Mental Psikososial yang menampung penyandang disabilitas mental psikososial dengan kondisi seadanya karena alasan kepedulian terahadap manusia serta membantu negara walapun panti tersebut masih jauh dari kata layak.

Pemerintah pun akan segera mengevaluasi panti panti yang masih melanggar hak asasi manusia dengan membenahi pelyanan, membenahi perijinan serta membenahi standartdari Panti Rehabilitasi  Disabilitas Mental Psikososial.

Pemerintah juga akan menyelamatkan hak penyandang disabilitas mental psikososial yang sudah sembuh dengan berkoordinasi dengan Kementrian Sosial untuk mendorong agar mendaptkan program program perlindungan sosial dan mendapatkan dukungan terhadap keluarga. 



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.