Kompas TV video vod

Holding Ultra Mikro, Buat Jutaan UMKM Naik Kelas

Kompas.tv - 30 September 2022, 11:45 WIB
Penulis : Natasha Ancely

KOMPAS.TV - Penggabungan BRI Pegadaian dan Permodalan Nasional Madani sebagai sebuah holding membuat jutaan UMKM naik kelas. Sinergi ini diharapkan bisa semakin menjangkau banyak UMKM di Indonesia.

Holding ultra mikro sudah memasuki usia 1 tahun, holding yang terbentuk dengan Bank Rakyat Indonesia sebagai induk bersama Pegadaian dan Permodalan Nasional Madani terbukti berhasil meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mempercepat inklusi keuangan.

Hingga akhir Agustus 2022 jumlah nasabah yang telah diintegrasikan ketiga entitas holding UMi mencapai 23,5 juta nasabah dengan total outstanding pembiayaan sebesar Rp 183,9 triliun.

BRI juga berhasil menaikkelaskan 1,8 juta nasabah kur mikro ke komersial di tahun 2021 dan di tahun 2022 diprediksikan nasabah yang berhasil dinaikkelaskan mencapai 2,2 juta nasabah.

Tak hanya dari sisi pembiayaan hingga Agustus 2022 integrasi layanan ketiga entitas atau co-location melalui gerai senyum sudah mencapai 1.003 lokasi, sedangkan target awal adalah 978 lokasi gerai senyum.

Penabung baru UMi mencapai 6,85 juta, lebih tinggi dari target awal sebanyak 3,3 juta. Nasabah PNM mekaar yang bergabung sebagai agen BRI Link sudah mencapai 40.121.

Sinergi di holding ultra mikro akan semakin meningkatkan layanan kepada masyarakat yang selama ini belum terjangkau perbankan.

Dengan pendampingan harapannya akan semakin banyak kelompok masyrakat yang layak secara komersial sehingga nasabah akan diberi pilihan akses permodalan berbasis gadai melalui pegadaian atau mengambil pinjaman ke BRI seperti melalui produk Kupedes.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x