Kompas TV video vod

Harimau Sumatra Tersesat di Kebun Warga, Selanjutnya Akan Direhabilitasi & Diproses Lepas Liar

Kompas.tv - 21 September 2022, 12:30 WIB
Penulis : Edwin Zhan

PADANG LAWAS, KOMPAS.TV - Satu ekor Harimau Sumatra yang ditemukan di perkebunan warga akan dibawa ke pusat rehabilitasi harimau di Kabupaten Padang Lawas, Sumatra Utara.

Harimau yang berjenis kelamin betina itu akan diobservasi sebelum dilepasliarkan ke habitatnya di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser.

Harimau Sumatra yang diberi nama “Bestie” sebelumnya berhasil diamankan oleh Petugas Gabungan BBKSDA Sumut di kawasan perkebunan sawit, Kecamatan Besitang, Kabupaten Langkat, sekitar dua minggu yang lalu.

Saat itu, pihak BBKSDA Sumut menitipkan Harimau Sumatra ini ke Kebun Binatang Medan karena merupakan lokasi yang paling dekat dan memiliki fasilitas perawatan hewan.

Usai diobservasi selama dua minggu, BBKSDA memutuskan akan kembali melakukan observasi atau pemantauan terhadap Bestie, dengan memindahkannya ke pusat rehabilitasi harimau di Kabupaten Lawas, sebelum dilepas liarkan ke habitatnya di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser.

Proses pemindahan Harimau Sumatra ini menempuh waktu sekitar 12 jam dengan perjalanan darat.

Dan saat tiba di tempat rehabilitasi, Bestie dinyatakan dalam kondisi yang sehat.

Dengan ditempatkannya Bestie di Pusat Rehabilitasi Harimau Sumatra Barumun, akan membuatnya lebih nyaman karena kandangnya yang cukup besar dan observasi dapat dilakukan dengan menggunakan kamera pemantau tanpa terganggu.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x