Kompas TV video vod

Mantan Karyawan Perusahaan BUMN Raup Cuan dari Hobi Ternak Burung Murai di Usia Pensiun nya

Kompas.tv - 5 September 2022, 15:15 WIB
Penulis : Dea Davina

CILEGON, KOMPAS.TV - Fatani, warga di Cilegon, Banten, disibukkan dengan merawat puluhan ekor Burung Murai Batu yang ia budidaya di rumahnya.

Burung Murai Batu, dikenal dengan ciri khas kicauan yang merdu ini, dikembang biakan oleh Fatani setelah dirinya tak lagi menjadi karyawan di perusahaan BUMN.

Ia memilih untuk menekuni hobinya memelihara Burung Murai Batu, namun lama kelamaan, ia pun mencoba untuk membudidayakannya.

Berbekal pengetahuan yang ia miliki sejak lama, sudah puluhan Burung Murai milik Fatani, berpindah tangan ke pehobi lain, yang juga ingin merawat Burung Murai.

Baca Juga: Keren! Peternak Burung Murai Batu Ciptakan Aplikasi 'Aneka Satwa' Khusus Jual-Beli Hewan Ternak

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Fatani selalu menjaga kebersihan kandang dan merawat anak Burung Murai usai menetas dari telurnya.

Anak-anak burung itu kemudian diberi pakan berupa jangkrik.

Fatani menyebut bahwa untuk merawat Burung Murai Batu ini tidaklah sulit, karena ia telah mengenal karakteristik Burung Murai Batu.

Tentunya dari sekadar hobi yang kemudian ditekuni.

Ada tiga jenis Burung Murai Batu yang dikembangbiakan di rumahnya, dan seluruh burung ini merupakan jenis burung yang kerap dilombakan untuk kicauannya.

Fatani yang memasuki usia pensiun, berhasil membawa hobinya menjadi aktivitas yang menghasilkan keuntungan.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x