Kompas TV video vod

Di Depan Kapolri, Fraksi Demokrat: Jangan Lagi Ada Kelompok-Kelompok di Polri, Matahari Hanya Satu

Kompas.tv - 24 Agustus 2022, 18:39 WIB
Penulis : Aisha Amalia Putri | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Komisi III DPR RI menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan jajarannya.

Rapat tersebut khusus membahas perkembangan kasus pembunuhan berencana Brigadir Yosua Hutabarat atau Brigadir J, yang melibatkan mantan Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo.

Bersama dengan 18 orang jajarannya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit menghadiri rapat dengar pendapat dengan Komisi III DPR RI.

Di hadapan pimpinan dan anggota Komisi III DPR, Kapolri menyampaikan penjelasan terbuka kasus pembunuhan berencana Brigadir Yosua.

Baca Juga: Jaga Kepercayaan Publik, Anggota Komisi III DPR Cucun Ahmad Saran Ganti Nama Divpropam

Termasuk pula menjelaskan tim khusus yang berjumlah 18 orang yang dibentuk solid untuk menangani kasus yang diotaki Irjen Ferdy Sambo.

Di depan Komisi III DPR, Kapolri bercerita bagaimana Irjen Ferdy Sambo berulang kali berkelit saat diperiksa oleh penyidik timsus.

Namun, timsus mendapat titik terang setelah Bharada Eliezer mengubah keterangannya dan mengaku disuruh menembak Brigadir Yosua atas perintah Sambo.

Dari perubahan informasi inilah Irjen Ferdy Sambo dijemput oleh seorang anggota timsus jenderal bintang dua, dan ditahan di Mako Brimob.

Sementara pada RDP, anggota Komisi III DPR RI Benny Harman menyadari bahwa Listyo kesulitan mengusut kasus Sambo.

"Mohon maaf, Pak Kapolri juga kesulitan, Pak Sambo adalah teman beliau, teman kita semua. Masuk akal kalau beliau, bagaimana caranya ini. Manusiawi sekali," katanya.

"Tetapi atas dukungan kita semua, dukungan netizen, dukungan publik, dukungan dewan, dan juga penguatan yang diberikan Bapak Presiden, maka ini terlaksana," sambungnya. 

Benny juga menyinggung soal upaya untuk menutup-nutupi kasus tersebut. Dia juga menyoroti pengawasan internal kepolisian harus diperkuat.

"Jangan lagi ada kelompok-kelompok di dalamnya, matahari hanya satu, Bapak (Kapolri)" ujar anggota DPR Fraksi Partai Demokrat itu.

Untuk lebih lengkapnya, simak video RDP kapolri dengan DPR RI di atas.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x