Kompas TV video sinau

Begini Perbedaan Expired Date & Best Before pada Produk Konsumsi

Kompas.tv - 3 Agustus 2022, 20:28 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV-Batas penggunaan produk konsumsi biasanya tertulis pada kemasannya, dengan beberapa istilah, mulai dari tanggal kedaluwarsa, expired date, ED, baik digunakan sebelum, atau best before.

Tanggal kedaluwarsa, expired date , dan ED memiliki arti yang sama. Namun, akan berbeda dengan baik digunakan sebelum atau best before.

Kita sebagai konsumen harus teliti dalam memperhatikan kode-kode tersebut

Menyadur Kompas.com, berikut perbedaan mendasar expired date & best before:

Expired date berarti tanggal batas maksimal produk aman dikonsumsi, terkait keamanan pangan.

Best Before berarti konsumsi sebaiknya dilakukan sebelum waktu yang tercantum pada kemasan, ini berkaitan dengan penurunan kualitas, rasa, tekstur, warna, dan aroma.

Produk pangan yang sudah melampaui tanggal best before,  masih bisa dikonsumsi, tetapi kualitas atau mutu produknya sudah berkurang. Namun perlu memperhatikan kondisi produk dan cara penyimpanannya.

‘’Selama kemasan masih dalam kondisi tersegel baik, tidak koyak/rusak, dan produk diletakkan di tempat sesuai saran yang tercantum pada kemasan, produk pangan akan terjaga kualitas dan kesegarannya’’, ungkap Esti Widowati, Dosen Ilmu Teknologi Pangan Universitas Sebelas Maret (UNS).

Esti menegaskan, jika kemasan sudah rusak maka jangan dikonsumsi, misalnya pada kemasan kaleng, pastikan  kemasannya tidak bocor, penyok, dan berkarat.

Produk  yang sudah lewat tanggal kedaluwarsa, atau ED harus dihindari dan tidak dikonsumsi.

Meskipun kondisinya terlihat masih baik, dan tersegel dengan rapi.

Contohnya adalah air mineral, air mineral berada di dalam kemasan yang memiliki kualitas terbatas dan dapat mencemari produk di dalamnya, maka ada keterangan expired date pada kemasannya.

Baca Juga: Mengenal Beras Analog, Makanan Pokok Alternatif Selain Beras Padi

Editor Video & Grafis: Dimas WPS



Sumber : Diolah dari berbagai sumber

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.