Kompas TV video vod

Hanya Tim Forensik yang Ada di Ruang Otopsi Jenazah Brigadir Yoshua

Kompas.tv - 27 Juli 2022, 12:05 WIB
Penulis : Kharismaningtyas

KOMPAS.TV - Proses ekshumasi atau penggalian kembali makam Brigadir Yoshua Hutabarat, dilakukan pagi ini Rabu 27 Juli 2022. Proses penggalian kembali makam disaksikan pihak keluarga yang juga sempat menangis histeris. Proses ekshumasi atau penggalian kembali makam Yoshua Hutabarat berlangsung Rabu pagi 27 Juli 2022 di lokasi pemakaman TPU Desa Sukamakmur.

Pihak keluarga, Perwakilan Tim Forensik serta Komnas HAM turut hadir dalam proses penggalian makam. Proses penggalian diiringi isak tangis dari Ibunda Brigadir Yoshua, Rosti Simanjuntak. Sang bunda menangis histeris saat melihat makam sang anak kembali dibongkar. Rosti bahkan harus dibantu beberapa kerabatnya untuk menuju pemakaman.

Dalam wawancara khusus di Program Aiman pihak keluarga meminta kasus kematian anaknya diungkap tuntas. Sementara itu, ayah Brigadir Yoshua, Samuel Hutabarat berharap otopsi ulang ini bisa mengungkap penyebab kematian yang sejauh ini disebut karena adanya peristiwa saling tembak.

Setelah proses ekshumasi, jenazah dibawa ke RSUD Sungai Bahar untuk diotopsi. Otopsi ulang dilakukan oleh 7 ahli forensik yang telah ditunjuk. Tim forensik independen ini berasal dari TNI dan juga swasta yang didatangkan dari Jakarta, Bali, dan Padang.

Proses otopsi ulang menurut Dokter Spesialis Forensik dan  Medikolegal Kepala Unit Forensik Rumah Sakit Universitas Indonesia, Made Ayu Mira Wiryaningsih dilakukan berdasarkan KUHAP Tim forensik akan mempertimbangkan setiap informasi yang diterima untuk dicocokkan pada temuan luka pada tubuh jenazah.

Kadiv Humas Polri Irjen Dedy Prasetyo memastikan proses otopsi akan dilakukan secara independen dan imparsial yang memiliki konsekuensi secara hukum.

Usai otopsi, beberapa sampel forensik akan dibawa ke Laboratorium Forensik di Jakarta untuk diperiksa lebih mendalam. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x