Kompas TV video vod

Menlu Rusia ke Bali Jadi Lampu Hijau Putin ke G20, Ini Kata Pengamat

Kompas.tv - 8 Juli 2022, 22:28 WIB
Penulis : Yuilyana

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pengamat Hubungan Internasional Dinna Prapto Raharja menyoroti kehadiran Menteri Luar Negeri Rusia ke agenda G20.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov disambut Menlu Retno saat menghadiri pertemuan para Menlu G20 di Nusa Dua Bali, Jumat (8/7/2022). 

Dinna berpandangan, kehadiran Menlu Sergey Lavrov menandakan Rusia menganggap agenda G20 penting untuk kiprah negaranya di bidang politik luar negeri.

Baca Juga: Presiden Rusia Vladimir Putin Mengaku Senang Ketemu Jokowi di istana Kremlin

“Kehadiran Menlu Rusia di pertemuan para Menlu G20 menandakan bahwa Rusia menganggap G20 penting dan sentral untuk sepak terjang Rusia di bidang politik luar negeri dan bidang terkait.”kata Dinna. 

Dengan hadirnya Menlu Rusia secara fisik di G20 Presiden Putin akan turut mempertimbangkan kehadirannya dalam  KTT G20 di Bali pada November nanti.

“Dugaan saya, paling tidak Putin pasti hadir secara online dan kalaupun itu terjadi artinya beliau tidak hadir secara luring sebenarnya ini tidak mengurangi signifikansi kehadiran Putin di G20 yg sentral di sini adalah Indonesia berhasil menjaga G20 tetap utuh selama presidensi Indonesia,”kata Dinna. 

Video Editor: Galih
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x