Kompas TV video vod

Momen Iduladha Semakin Dekat, Apa Langkah Pemerintah Tangani PMK pada Hewan Ternak?

Kompas.tv - 20 Juni 2022, 16:02 WIB
Penulis : Edwin Zhan

SURABAYA, KOMPAS.TV - Pemkot Surabaya beri pendampingan bagi peternak sapi dan kambing, hingga pengawasan kendaraan pengangkut hewan ternak yang akan masuk ke Kota Surabaya, Jawa Timur.

Ini dilakukan sebagai antisipasi penularan penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan kurban.

Pemkot Surabaya melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian DKPP Kota Surabaya terus masih melakukan pendampingan bagi para peternak hewan di Surabaya untuk memantau kesehatan hewan ternak sapi ataupun kambing.

Pemkot memberi vitamin hingga vaksin untuk mencegah PMK, mendekati Hari Raya Iduladha.

Selain itu, Pemkot Surabaya juga bekerjasama dengan  pihak kepolisian untuk melakukan ‘monitoring’ dan pemeriksaan dokumen keterangan kesehatan hewan dari Dinas Peternakan setempat bagi kendaraan atau truk pengangkut hewan ternak maupun kurban di batas Kota Surabaya.

Langkah ini, untuk memastikan seluruh hewan ternak dari luar kota yang akan menuju rumah pemotongan hewan maupun hewan kurban ke Surabaya dipastikan aman dan bebas dari penyakit mulut dan kuku.

Nantinya, beberapa hari jelang Iduladha, Pemkot Surabaya juga kembali akan melakukan sidak dan pengecekan kesehatan hewan bagi para pedagang hewan kurban yang berjualan di wilayah Surabaya, terutama bagi para pedagang yang datang dari luar Kota Surabaya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x