Kompas TV video vod

Inilah Pemuda Asal Kulon Progo yang Kelola Puluhan Server di Berbagai Negara

Kompas.tv - 20 Juni 2022, 15:04 WIB
Penulis : Theo Reza

KULONPROGO, KOMPAS.TV – Inilah Nurohman, pemuda di dusun Wonorejo, Kabupaten Kulon Progo menyanding peralatan komputer yang menjadi keseharian pemuda ini.

Bukan untuk sekedar berselancar dan melihat media sosial, Nurohman yang tinggal di pedesaan ini justru diberikan tanggung jawab menangani puluhan server yang berada di luar negeri oleh perusahaan di Singapura tempat dia bekerja.

Sebanyak 50 hingga 70 server ia kelola setiap harinya.

Bahkan jumlah tersebut bisa semakin bertambah saat ada event-event tertentu di negara Singapura, Malaysia, Abu Dabhi dan beberapa negara lain klien perusahaannya.

Nurrohman bertugas sebagai developer operational dan bertanggung jawab terhadap kelancaran kinerja server yang dikelolanya. Bila ada masala, langsung ditangani di dalam ruang seluas 3x3 meter yang terhubung server utama di Singapura dan Jerman

Jauh dari perkotaan, pekerjaan menjadi Dev OP bukan tanpa kendala.

Sulitnya mendapatkan sinyal internet hingga jaringan listrik yang kerap padam kerap membuat pekerjaan pemuda ini terhambat. Selain menangani server, Nurohman juga sering mendapatkan berbagai proyek dari berbagai negara untuk penghasilan tambahan.

Berkutat didepan komputer setiap hari bukan tanpa resiko. Ia kerap dianggap anti sosial, pemalas, pengangguran oleh tetangganya karena tak pernah keluar rumah dan bekerja layaknya warga di pedesaan.

Awalnya kedua orang tua Nurrohman hanya mengira anaknya bermain game online karena aktivitasnya selalu dilakukan hingga larut malam.

Sempat membuat khawatir, akhirnya kedua orang tuanya turut bahagia.

Aktivitas bermain komputer tersebut merupakan pekerjaan yang mampu menghasilkan pundi yang bisa membantu mereka yang selama ini hanya mengandalkan uang hasil dari kebun.

Video Editor: Agung Ramdani



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x